MAHENDRA, - (2024) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PLANTED QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA DI SMAN 2 RUMBIO JAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi planted question terhadap hasil belajar siswa pada materi persebaran flora dan fauna di Indonesia di SMAN 2 Rumbio Jaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan metode Pre-Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis pretest dan posttest, uji hipotesis T-Tes dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi planted question berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pada hasil pretest rata-rata skor 61,67. Sedangkan hasil posttest rata-rata skor adalah 86,19. Berdasarkan perhitungan data statistik uji T-Tes diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dari itu Ha diterima dan Ho ditolak, Artinya terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran planted question terhadap hasil belajar siswa pada materi persebaran flora dan fauna di Indonesia di SMAN 2 Rumbio Jaya. Hasil uji N-Gain penggunaan strategi planted question dapat meningkatkan hasil belajar siswa 64% dari sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberi perlakuan, hal ini terlihat dari skor N-Gain sebesar 0,639 yang termasuk kedalam kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2024 02:23 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2024 02:23 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80727 |
Actions (login required)
View Item |