NABILLA ZAKIA, - (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANPENDIDIKANAGAMA ISLAM DI SEKOLAHMENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Nabilla Zakia, (2024) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Resource Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan Model Pembelajaran Resource Based Learning dengan Model Pembelajaran Demontrasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen Design dengan rancangan penelitian Non-equivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di Sekolah Muhammadiyah 2 Pekanbaru yang berjumlah 423 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak 60 siswa, terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen yaitu kelas XI Akuntansi dan 30 siswa kelas kontrol yaitu kelas XI Perbankan Syariah, dengan menggunakan teknik pengambilan Purposive Sampling dengan pertimbangan kemampuan rata-rata kelas mendekati sama. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tes “t” (independent-samples t test). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara penerapan Model Pembelajaran Resource Based Learning dengan Model Pembelajaran Demontrasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru dengan thitung > ttabel (2.407 > 1.672) sementara itu nilai sig. 2- tailed 0.019 < 0.05 dan perbedaan nilai mean kelas eksperimen > kelas kontrol (90.26 > 88.40) dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci : Model Pembelajaran Resource Based Learning, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 04 Jul 2024 03:14 | ||||||||
Last Modified: | 04 Jul 2024 03:15 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80579 |
Actions (login required)
View Item |