Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DAI DALAM MEMBANGUN KESADARAN SHALAT BERJAMAAH DIMASJID GUNUNG MERAH KECAMATAN PEKANBARU KOTA,KOTA PEKANBARU

ROBY RAHMAT, - (2024) EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DAI DALAM MEMBANGUN KESADARAN SHALAT BERJAMAAH DIMASJID GUNUNG MERAH KECAMATAN PEKANBARU KOTA,KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Efektivitas Komunikasi Dai Dalam Membangun Kesadaran Shalat Berjamaah Di Masjid Gunung Merah Di Kecamatan Pekanbaru Kota dengan materi yang disampaikan oleh dai, mengetahui metode yang digunakan oleh dai, mengetahui Hasil yang dicapai oleh dai, serta Hambatan yang dihadapi oleh dai dalam upaya Membangun kesadaran Shalat berjamaah di Masjid Gunung Merah Kecamatan Pekanbaru Kota,Kota Pekanbaru. Pendekatan penelitian yang digunakan berupa pendekatan kualitatif-deskriptif dengan informan berjumlah 7 orang. Penggunaan metode penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan dan mengungkapkan (to describe and explore) mengenai efektivitas komunikasi yang dilakukan oleh dai dalam upaya untuk membangun kesadaran shalat berjamaah di Masjid Gunung Merah Kota Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi komunikasi dakwah yang disampaikan oleh dai sudah relevan artinya dapat juga diterapkan berkaitan dengan tujuan dan usaha untuk membangun kesadaran shalat berjamaah di Masjid Gunung Merah Dalam komunikasi dakwah yang dilakukan oleh Dai di Masjid Gunung Merah. Dai mengemukakan materi tentang pengertian shalat berjama‟ah, hukum dan dalil shalat berjama‟ah, serta shalat yang dianjurkan berjamaah. Metode komunikasi yang digunakan oleh dai dalam upaya untuk membangun kesadaran shalat berjamaah Masjid Gunung Merah adalah metode ceramah yang sifatnya persuasif yang dibarengi dengan metode tanya jawab. Metode ini di pandang relevan dengan kondisi mad‟u yang bersifat heterogen dari segitingkat kemampuan memahami materi dakwah. Namun, jika di lihat dari relevansinya dengan materi komunikasi tentang shalat berjamaah. Hambatan yang dihadapi oleh substandial pada kategori ini adalah hambatan yang berasal dari kalangan mad‟u. Hambatan ini berupa kurangnya heterogenitas mad‟u jika di lihat dari segi usia, tingkat pemahaman dan pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuhammad Soim, -2022068304muhammad.soim@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:54
Last Modified: 03 Jul 2024 06:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80467

Actions (login required)

View Item View Item