JENNY TRI ARDIVA, - (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN EKONOMI TERINTEGRASI AL-QUR‟AN DAN HADIST PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU AL-FITYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (11MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
JENNY TRI ARDIVA (2024) ; PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN EKONOMI TERINTEGRASI AL-QUR‟AN DAN HADIST PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU AL-FITYAH PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan modul ekonomi terintegrasi Al-Qur‗an dan Hadits pada materi kegiatan ekonomi untuk kelas X di SMAIT AlFityah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan respon peserta didik terhadap modul ekonomi terintegrasi AlQur‗an dan Hadits yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D (define, design, develoment, dissaminate). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Untuk angket validator dan praktikalitas menggunakan skala liket dan lembar respon peserta didik menggunakan skala guttman. Validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli integrasi Al-Qur‗an dan hadits serta hasil uji coba tanggapan guru dan peserta didik. Hasil validitas produk modul Ekonomi terintegrasi Al-Qur‗an dan Hadits pada mata pelajaran ekonomi dinyatakan sangat valid berdasarkan hasil validasi ahli media memperoleh rata-rata 95% dengan kriteria sangat valid, validasi ahli materi memperoleh rata-rata 96% dengan kriteria sangat valid, dan validasi oleh ahli integrasi AlQur‗an dan Hadits memperoleh rata-rata 91% dengan kategori sangat valid. Selain itu modul ekonomi terintegrasi Al-Qur‗an dan Hadits pada mata pelajaran ekonomi dinyatakan sangat praktis digunakan berdasarkan hasil praktikalitas oleh guru yang memperoleh nilai rata-rata 95%. Serta modul ekonomi terintegrasi Al-Qur‗an dan Hadits pada mata pelajaran ekonomi mendapat respon baik dari peserta didik berdasarkan uji respon peserta didik yang dilakukan di SMAIT Al-Fityah Pekanbaru pada 43 peserta didik kelas X yang memperoleh rata-rata 90% dengan kategori baik. Kata Kunci : Pengembangan, Modul Ekonomi, Terintegrasi, Al-Qur‟an, Hadits, Kegiatan Ekonomi
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 28 Jun 2024 07:34 | ||||||||
Last Modified: | 28 Jun 2024 07:34 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80158 |
Actions (login required)
View Item |