Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KAJIAN ALIH WAHANA NOVEL „172 DAYS ‟ KE MEDIUM FILM DAN RELEVANSINYA DALAM PENGAJARAN MATERI TEKS HIKAYAT PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMA NEGERI 14 PEKANBARU

Giovannesandesva Hendri, - (2024) KAJIAN ALIH WAHANA NOVEL „172 DAYS ‟ KE MEDIUM FILM DAN RELEVANSINYA DALAM PENGAJARAN MATERI TEKS HIKAYAT PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMA NEGERI 14 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLTIAN (BAB IV).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Giovannesandesva Hendri (2024) : KAJIAN ALIH WAHANA NOVEL „172 DAYS ‟ KE MEDIUM FILM DAN RELEVANSINYA DALAM PENGAJARAN MATERI TEKS HIKAYAT PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMA NEGERI 14 PEKANBARU Dunia pendidikan saat ini mengalami pergantian kurikulum yaitu Kurikulum Merdeka. Pada kurikulum merdeka, alih wahana (ekranisasi) menjadi salah satu materi dalam pelajaran bahasa Indonesia yaitu materi teks hikayat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalihwahaan (ekranisasi) Novel 172 Days ke Film 172 Days dan merelevansikannya pada materi teks hikayat pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 14 Pekanbaru. Teori yang digunakan adalah teori alih wahana Sapardi Djoko Damono dan teori ekranisasi Pamusuk Eneste. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara membaca, melihat, menyimak dan mencatat. Teknik analisis data dengan cara membaca, mencatat, mengklasifikasikan, menandai, dan mendeskripsikan. Hasil analisis data penelitian menemukan 162 data dan diklasifikasikan menjadi: perubahan karena pengurangan 85 data, perubahan karena penambahan 48 data, dan perubahan karena variasi 28 data. Penelitian ini berelevansi dengan materi teks hikayat untuk mengembangkan keterampilan membaca dan kreativitas peserta didik, selain itu sebagai petunjuk pendidik dalam mengajarkan alih wahana pada materi teks hikayat. Kata Kunci : Alih Wahana, Novel, Film, Teks Hikayat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorR HARIYANI SUSANTI2004069401hariyanisusanti@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Jun 2024 08:26
Last Modified: 28 Jun 2024 08:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80077

Actions (login required)

View Item View Item