Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Maqâshid Âqidah pada kisah Nabi Ayyub âlaihissalam (Studi Analisis Maqâshid al-Qur’ ân)

MILA ROZA FITRI NINGSIH, - (2024) Maqâshid Âqidah pada kisah Nabi Ayyub âlaihissalam (Studi Analisis Maqâshid al-Qur’ ân). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Maqâshid Âqidah pada kisah Nabi Ayyub âlaihissalam (Studi Analisis Maqâshid al-Qur’ ân)” bertujuan untuk mengembangkan kajian al-Qur’ân yang lebih komperhensif pada studi ayat-ayat kisah mengenai maqâshid âqidah. Karena pemaparan ayat-ayat kisah dalam al-Qur’an memiliki tujuan yang paling esensial yaitu maqashid âqidah, salah satu tujuan agung dalam al-Qur’an adalah seruan beribadah kepada Allah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan metode pendekatan tafsir maqashidi untuk menganalisis maqâshid aqidah yang hendak dipaparkan dalam kisah Nabi Ayyub âlaihissalam. Penelitian ini sampai pada hasil akhir bahwa terungkap maqâshid âqidah pada ayat-ayat kisah Nabi Ayyub âlaihissalam yang tampak melalui kajian maqâshid al-Qur’ ân. Pertama, membuktikan keteguhannya dalam mentauhidkan Allah Swt, kedua, ridho dan patuh terhadap qadha dan qadar Allah Swt, ketiga, sabar dalam menghadapi musibah yang menimpanya, keempat, tegak dan kokohnya prinsip aqidah Nabi Ayyub âlaihissalam dalam beribadah kepada Allah Swt. Keempat maqâshid âqidah tersebut menunjukkan pada suatu alasan penyebab turunnya rahmat Allah Swt kepada nabi Ayyub âlaihissalam dengan mengabulkan doanya dan mengangkat penderitaannya. Kata Kunci : Maqâshid Âqidah, Tafsir, Kisah dalam al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNIXSON, -2013016701Nixsonhusein@uin-suska.ac.id
Thesis advisorFATMAH TAUFIK HIDAYAT, -2011088702fatmah.taufik.hidayat@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 25 Jun 2024 01:56
Last Modified: 25 Jun 2024 01:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79855

Actions (login required)

View Item View Item