Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MIGAS BUMI MELAYU RIAU PEKANBARU

M. HABIBULLAH, - (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MIGAS BUMI MELAYU RIAU PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK M. Habibullah, (2024) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Migas Bumi Melayu Riau Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Migas Bumi Melayu Riau Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 76 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 26 siswa, terdiri dari 13 siswa kelas eksperimen dan 13 siswa kelas kontrol dengan menggunakan teknik pengambilan Purposive Sampling dengan pertimbangan nilai rata-rata hasil ujian tengah semester kelas mendekati sama. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tes “t” (independent-samples t test). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran ceramah. Hasil ini terlihat dari perhitungan uji t yang menunjukkan bahwa nilai t hitung (3,214) > t tabel (2,064) dengan taraf signifikan 5%. Perhitungan nilai sig. (2- tailed) < 0,05 yaitu (0,004 < 0,05), maka diambil keputusan bahwa Ha diterima dan ditolak.. Kata Kunci : Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZAITUN2010057201zaitun@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:13
Last Modified: 25 Jun 2024 07:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79831

Actions (login required)

View Item View Item