MELANI AURELLIA, - (2024) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Melani Aurellia, (2024): Pengaruh Penerapan Strategi Index Card Match terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kampar Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan strategi index card match terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kampar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 4 Kampar sebanyak 53 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIA 1 sebanyak 18 siswa dan XI IIS sebanyak 15 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknis analisis data penelitian ini menggunakan t-test (Independent Samples Test). Mean skor keaktifan belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata posttest sebesar 89,33, sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata posttest sebesar 85,8. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keaktifan belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada Mata Pelajaran Fikih di MAN 4 Kampar. Dibuktikan dengan tℎitung > ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,878 > 2,042. Kata Kunci: Strategi Index Card Match, Keaktifan Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 14 Jun 2024 02:39 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jun 2024 02:39 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79410 |
Actions (login required)
View Item |