SUCI AULIA, - (2024) PENGARUH PENERAPAN METODE SHOW AND TELL TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATERI IKLAN DI KELAS VIII MTS PONDOK PESANTREN DARUL FATAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf Download (17MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Show and Tell terhadap keterampilan berbicara siswa pada materi iklan di kelas VIII MTs Pondok Pesantren Darul Fatah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan adalah quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Pondok Pesantren Darul Fatah yang berjumlah 75 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling purposive. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII C yang berjumlah 50 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes iklan secara lisan yang dilakukan oleh peserta didik untuk melihat keterampilan berbicara siswa. Data penelitian ini dianalisis menggunakan uji t-tes (independent sampel t test). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan tiga hal berikut: Pertama, nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa yang diajarkan menggunakan metode Show and Tell 88,48 dengan kualifikasi Baik Sekali (BS). Kedua, nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa yang diajarkan menggunakan metode konvensional 55,04 dengan kualifikasi Hampir Cukup (HC). Ketiga, terdapat pengaruh dari penerapan metode Show and Tell terhadap keterampilan berbicara siswa pada materi iklan di kelas VIII MTs Pondok Pesantren Darul Fatah. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang menunjukkan hipotesis alternatif (Ha) diterima, karena nilai thitung > ttabel (12,695 > 2,012). Perbedaan nilai pada uji t menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dari penggunaan metode Show and Tell, sehingga metode ini dapat digunakan
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 31 May 2024 03:32 | ||||||||
Last Modified: | 31 May 2024 03:32 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79011 |
Actions (login required)
View Item |