NISA’ AULIA, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA DI MTsN 1 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUBNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Nisa’ Aulia, (2024) : Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di MTsN 1 Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar IPS siswa di MTsN 1 Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di MTsN 1 Kampar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen Desain dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang berjumlah 208 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 59 orang yang berbagi atas dua kelas yaitu 30 orang eksperimen 29 orang kelas control. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model Discovery Learning terhadap hasil belajarIPS siswa di MTsN 1 Kampar. Hal ini dapat diketahui dari uji t Independent Samples Test yaitu dengan perhitungan thitung > ttabel baik taraf signifikan 5% maupun 1% (2,893 > 1,672) diperoleh nilai sig (2-tailed) adalah 0,005 dan nilai sig. 0,05 (0,005<0,05) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Adapun persentase pengaruh model pembelajaran pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa diperoleh dari hasil uji Effect- Size yang menunjukkan model pembelajaran discovery learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 3, 53. Berdasarkan penjelasan diatas dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Siswa di MTsN 1 Kampar. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 17 May 2024 02:55 |
Last Modified: | 17 May 2024 02:55 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78711 |
Actions (login required)
View Item |