Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA DI MTsN 1 KAMPAR

NISA’ AULIA, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA DI MTsN 1 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUBNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nisa’ Aulia, (2024) : Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di MTsN 1 Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar IPS siswa di MTsN 1 Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di MTsN 1 Kampar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen Desain dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang berjumlah 208 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 59 orang yang berbagi atas dua kelas yaitu 30 orang eksperimen 29 orang kelas control. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model Discovery Learning terhadap hasil belajarIPS siswa di MTsN 1 Kampar. Hal ini dapat diketahui dari uji t Independent Samples Test yaitu dengan perhitungan thitung > ttabel baik taraf signifikan 5% maupun 1% (2,893 > 1,672) diperoleh nilai sig (2-tailed) adalah 0,005 dan nilai sig. 0,05 (0,005<0,05) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Adapun persentase pengaruh model pembelajaran pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa diperoleh dari hasil uji Effect- Size yang menunjukkan model pembelajaran discovery learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 3, 53. Berdasarkan penjelasan diatas dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Siswa di MTsN 1 Kampar. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 May 2024 02:55
Last Modified: 17 May 2024 02:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78711

Actions (login required)

View Item View Item