JISMAN, - (2024) PENERAPAN KURIKULUM BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MODERASI BERAGAMA DI MADRASAH ALIYAH SWASTA SE-KABUPATEN PELALAWAN. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
DISERTASI JISMAN.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Jisman (2023) : Penerapan kurikulum bidang studi Pendidikan Agama Islam berbasis moderasi beragama di Madrasah Aliyah Swasta Se-Kabupaten Pelalawan. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Suska Riau Kementerian Agama Republik Indonesia mencanangkan pengarustamaan Moderasi beragama di Indonesia. Kemudian sebagai tindak lanjut pencanangan ini diterbitkan Keputusan Menteri Agama (KMA No. 328 Tahun 2020) tentang kelompok Kerja Penguatan Program Moderasi Beragama pada kementerian Agama sampai pada pembelajaran dilembaga-lembaga Pendidikan khas keagamaan seperti Madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan kurikulum bidang studi Pendidikan Agama Islam berbasis moderasi beragama di Madrasah Aliyah Swasta Se-Kabupaten Pelalawan Rumusan Masalah yang diajukan adalah: 1) Bagaimana dasar kebijakan dan penerapan kurikulum bidang studi Pendidikan Agama Islam di Madrasah-Madrasah tersebut selama ini.?; 2) Apa faktor yang mempengaruhi Penerapan kurikulum bidang studi Pendidikan Agama Islam berbasis moderasi beragama di Madrasah-Madrasah tersebut?; 3)Bagaimana konsep moderasi beragama perspektif guru-guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah tersebut ? ; 4) Serta bagaimana desain materi kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis moderasi beragama tersebut.? Penelitian ini merupakan penelitian Field Research. Adapun analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kualitatif, yaitu analisis dan interpretasi dilakukan secara kritis. Dengan menggunakan teknik deskriptif analitis yaitu mendeskripsikan maupun mengklasifikasikan data dan kemudian disusul interpretasi terhadap hasil pemikiran. Hasil penelitian dapat penulis identifikasi; 1) Penerapan kurikulum Pendidikan Agama Islam itu sendiri sudah dilaksanakan 2) Faktor pendukung yang mempengaruhi Penerapan kurikulum bidang studi Pendidikan Agama Islam berbasis moderasi beragama di Madrasah-Madrasah tersebut,seperti akar budaya Masyarakat yang toleran, adanya dukungan regulasi pemerintah, serta dukungan sarana prasarana lainnya. Sedangkan faktor penghambat seperti kurangnya pemahaman pendidik tentang nilai-nilai moderasi beragama yang lebih luas, kurangnya pengawasan. 3) Konsep tentang moderasi Beragama dikalangan guru menekankan pada nilai toleransi 4) Desain kurikulum Pendidikan agama Islam berbasis moderasi beragama itu Dilakukan dengan cara written dan hidden kurikulum serta melalui keteladanan. Dimana penekanannya pada nilai-nilai moderasi Islam yang meliputi Sembilan nilai yaitu sebagai berikut: Tawassuth (mengambil jalan tengah), Tawazun (berkeseimbangan), I‟ti dâl (lurus dan tegas), Tasamuh (toleransi), Musawah (egaliter), Syura (musyawarah), Ishlah (reformasi), Al-muhafazhah „ala alqadimi alshalih wa al-akhdzu bi al-jadidi al- ashlah (melestarikan tradisi lama yang masih relevan, dan menerapkan hal-hal baru yang lebih relevan). Aulawiyah (mendahulukan yang prioritas). Tathawwur wa Ibtikar (dinamis dan inovatif), Adapun Temuan baru dalam penelitian ini adalah terwujudnya desain materi kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis moderasi beragama, baik yang berupa written kurikulum maupun hidden kurikulum berdasarkan Al-Qur‘an dan Hadits. Kata kunci : Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Moderasi Beragama
Item Type: | Thesis (Disertasi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 May 2024 15:02 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 May 2024 15:02 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78687 |
Actions (login required)
View Item |