ROUDOTUN SAKINAH SIREGAR, - (2024) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI SEKOLAH DALAM MENARIK MINAT PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 PEKAN BARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI ROUDOTUN SAKINAH SIREGAR.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (949kB) |
Abstract
ABSTRAK Roudotun Sakinah Siregar (2024) Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Sekolah Dalam Menarik Minat Peserta Didi di Sekolah Menengah Atas 4 Pekanbaru Era globalisasi ini tingkat persaingan dalam dunia pendidikan sangat tinggi dan membutuhkan sekolah yang mampu memanfaatan digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi sekolah di SMAN 4 pekanbaru, Menarik minat peserta didik bersekolah di SMAN 4 pekanbaru, Faktor penghambat dalam mempromosikan sekolah di SMAN 4 pekanbaru. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Informan utama dalam penelitian ini adalah waka humas dan pendukungnya adalah staf humas, tenaga pendidik, peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi. Dalam menganalisi data penelitian menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Dalam pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi sekolah sangat penting, sosial media yang digunakan dalam kegiatan promosi di SMAN 4 yaitu website, youtobe sehingga dalam pelaksanaannya sudah mengarah pada tujuan promosi yaitu memberikan informasi, membujuk, mengingat, 2. Menarik minat peserta didik bersekolah di SMAN 4 dipengaruhi oleh beberapa hal. Sala satunya SMAN 4 pekabaru banyak menawarka kegiatan yang ada seperti program unggul SMAN 4 dan kegiatan ekstrakurikuler yang ada, 3. Faktor penghambat dalam pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi sekolah di SMAN 4 adalah selama proses pelaksanaanya, belom tersusunnya tim promosi di SMAN 4 sehingga tidak terjadwal dalam kegiatan promosi, terlebih lagi platform media sosial yang digunakan berbasis digital yang mana faktor penghambat ketika menggunakan teknologi digital memerlukan sarana penunjang, dan juga caption yang sulit untuk dimengerti dan tidak menarik. Kata Kunci : Promosi, Media Sosial, Menarik Minat Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 13 May 2024 06:16 | ||||||||
Last Modified: | 13 May 2024 06:16 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78583 |
Actions (login required)
View Item |