SUCI IMAN NIARTI, - (2024) EFEKTIFITAS METODE MEMBACA DENGAN PERMAINAN KUIS KELOMPOK (TEAM QUIZ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS VIII MTS DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI SUCI IMAN NIARTI TERBARU.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Suci Iman Niarti, (2024): Efektifitas metode membaca dengan permainan kuis kelompok (team quiz) untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Efektifitas penggunaan metode membaca dengan menggunakan permainan kuis kelompok (team quiz) untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah metode membaca dengan permainan kuis kelompok (team quiz) efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Pekanbaru?”. Judul ini diambil berdasarkan hasil observasi awal peneliti yang menemukan belum maksimalnya kemampuan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Pekanbaru yang ditandai dengan masih banyak siswa yang belum mampu mengidentifikasi gagasan utama dari teks yang dibaca, masih banyak siswa yang belum mampu mengucapkan huruf abjad dengan baik dan benar, dan masih banyak siswa yang tidak tertarik membaca teks bahasa Arab. Hal ini disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang monoton. Dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab siswa. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII MTs Darul Hikmah pekanbaru, dengan mengambil sampel siswa kelas VIII B dan VIII D MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian adalah siswa dan guru bahasa Arab MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, test, dan dokumentasi. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Metode membaca dengan permainan kuis kelompok (team quiz) efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Karena nilai To = 5,964 lebih besar dari Tt pada taraf signifikan 1% = 2.69 dan taraf signifikan 5% = 2.02. Dan penggunaan metode langsung memperoleh rata-rata 84,29 yang ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain metode membaca dengan permainan kuis kelompok (team quiz) efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci: Efektifitas, Metode Membaca, Permainan, Kemampuan Membaca
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 08 May 2024 06:58 | ||||||||
Last Modified: | 08 May 2024 06:58 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78574 |
Actions (login required)
View Item |