Aldi Nurul Fikri, -
(2024)
ANALISIS KUALITAS WEBSITE E-EXAM BERDASARKAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 PADA SMKN 4 PEKANBARU.
Jurnal INOVTEK Polbeng, 9 (1).
ISSN 2527-9866
Abstract
E-Exam atau ujian berbasis elektronik, merujuk pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelaksanaan ujian. Pentingnya studi ini dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu efisien, keterlibatan siswa, penghematan sumber daya, dan kemanan. E-Exam pada SMKN 4 Pekanbaru dibuat pada tahun 2019 dan mulai digunakan di SMKN 4 Pekanbaru pada tahun 2019 hingga sekarang. Selama penerapannya terdapat beberapa tampilan website E-Exam tidak ada tampilan icon pada bagian soal. Hal ini mengakibatkan siswa tidak mengetahui dimana letak soal pada website tersebut. Studi ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pengguna terhadap E-Exam dan memberikan rekomendasi solusi pada website. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Webqual 4.0 Metode ini mencakup sejumlah dimensi, seperti usability, informasi, dan interaksi, yang dievaluasi untuk menentukan kualitas keseluruhan dari suatu situs web. Data yang di dapatkan dari penelitian ini yaitu menyebarkan kuesioner dengan sampel berjumlah 93 responden yang diambil secara acak. Pengolahan data dilakukan dengan Teknik SEM-PLS digunakan untuk menguji hipotesis dan mengidentifikasi hubungan antar variabel dalam suatu model konseptual, dan menggunakan bantuan sistem SMART-PLS 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan siswa terhadap E-Exam secara keseluruhan termasuk ke dalam kategori setuju dan puas menggunakan E-Exam.
Actions (login required)
|
View Item |