Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA DI KELAS V SD ISLAM AL-KAUTSAR KECAMATAN HUTARAJA TINGGI KABUPATEN PADANG LAWAS

Wanda Hamidah Hasibuan, Wanda (2024) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA DI KELAS V SD ISLAM AL-KAUTSAR KECAMATAN HUTARAJA TINGGI KABUPATEN PADANG LAWAS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (894kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses siswa pada muatan pelajaran IPA melalui pendekatan contextual teaching and learning untuk meningkatkan keterampilan proses siswa pada muatan pelajaran IPA Kelas V SD Islam Al-Kautsar Hutaraja Tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 20 orang siswa kelas V SD Islam Al-Kautsar Hutaraja Tinggi. Objeknya adalah pendekatan contextual teaching and learning dan keterampilan proses siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan pendekatan contextual teaching and learning dapat meningkatkan keterampilan proses siswa. Hal ini dapat dilihat dari grafik peningkatannya, di mana sebelum tindakan perbaikan dilakukan persentase keterampilan proses siswa hanya 38,50% atau berada pada kategori keterampilan kurang. Kemudian setelah menerapkan pendekatan contextual teaching and learning pada siklus I keterampilan proses siswa meningkat dengan persentase 49,08% atau tegolong keterampilan cukup. Pada siklus II keterampilan proses siswa meningkat dengan persentase 85,60% atau tergolong keterampilan sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDra. Hj. Syafi'ah, M.Ag., -2012086401Syafiah@uin-suska.ac.id
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses, Pendekatan Contextual Teaching and Learning
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 May 2024 00:38
Last Modified: 08 May 2024 00:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78558

Actions (login required)

View Item View Item