Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Komunikasi Inovasi Aplikasi Jrku Dalam Meningkatkan Pelayanan Asuransi Kecelakan Di PT Jasa Raharja Cabang Riau

Fitri Rahmi Novrianti, - (2024) Komunikasi Inovasi Aplikasi Jrku Dalam Meningkatkan Pelayanan Asuransi Kecelakan Di PT Jasa Raharja Cabang Riau. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Fitri Rahmi Novrianti NIM : 12040320216 Judul : Komunikasi Inovasi Aplikasi Jrku Dalam Meningkatkan Pelayanan Asuransi Kecelakan Di PT Jasa Raharja Cabang Riau Permasalahan dalam penelitian ini banyaknya masyarakat yang tidak update dalam perkembangan teknologi dan masyarakat yang kurang memahami penggunaan aplikasi JRKU sehingga penggunaan aplikasi JRKU ini belum efektif sepenuhnya. Tujuan penelitian ini untuk melihat komunikasi inovasi JRKU dalam pelayanan asuransi di PT. Jasa Raharja Cabang Riau. Jenis penelitian termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa komunikasi inovasi pada aplikasi JRKU PT. Jasa Rahaja dapat dilihat dari jaminan asuransi konvensional beralih ke berbasis teknologi inovasi dengan menyedikan fitur-fitur untuk memudahkan masyarakat dalam mengklim pembayaran asuransi kecelakaan, Dilanjutkan dalam penggunaan aplikasi JRKU kepada masyarakat menggunakan saluran komunikasi interpersonal dan media massa, baik dalam bentuk sosial media ataupun media cetak. JRKU mulai diberlakukan di Pekanbaru pada tahun 2019 dengan layanan asuransi kecelakaan kendaraan umum sesuai dengan undang-undang No 34 Tahun 1964 tentang dana kecelakaan lalu lintas yang berhak mendapatkan asuransi kecelakaan jasa raharja yang diakibatkan oleh angkutan umum selama penumpang ada didalam angkutan umum tersebut., Dalam pengoperasian JRKU melibatkan sistem kelompok sosial diantaranya PT Jasa Raharja, Dukcapil, Samsat, Dinas Perhubungan dan Organda. Temuan dilapangan menjelaskan bahwa bahwa PT Jasa Raharja melakukan inovasi digital melalui peluncuran aplikasi JRKU yang digunakan untuk melmudahkan pellayanan asuransi PT. Jasa Rahaja dari awalnya manual menuju digitalisasi ini berguna untuk memudahkan masyarakat dalam mengklim asuransi kecelakaan, selain itu aplikasi ini juga dilengkapi fitur-fitur yang berbeda diantaranya pengecekan SWDKLLJ, aktifitas perjalanan dan santunan online, dan berita terkait lalu lintas. Kata Kunci: Komunikasi Inovasi, Layanan Asuransi, JRKU, PT. Jasa Raharja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. Muhammad Badri, M.Si, -2013038101muhammad.badri@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 20 Mar 2024 05:59
Last Modified: 20 Mar 2024 05:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78126

Actions (login required)

View Item View Item