Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE EFFECT OF USING PQ4R STRATEGY ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF DESCRIPTIVE TEXT FOR THE EIGHT GRADE AT SMP NEGERI 23 PEKANBARU

MITA AFRIANTI, - (2024) THE EFFECT OF USING PQ4R STRATEGY ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF DESCRIPTIVE TEXT FOR THE EIGHT GRADE AT SMP NEGERI 23 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MITA AFRIANTI.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)

Abstract

ABSTRAK Mita Afrianti (2024): Pengaruh Penggunaan Strategi PQ4R terhadap Pemahaman Membaca Teks Deskriptif Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 23 Pekanbaru Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah yang dihadapi siswa dalam pemahaman membaca, terutama pada teks deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Strategi PQ4R terhadap pemahaman membaca siswa pada teks deskriptif untuk kelas delapan di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain kuasi eksperimen. Total populasi adalah 296 siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan cara purposive sampling, yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 36 siswa dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 38 siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Peneliti menggunakan independent sample t-test dengan menggunakan SPSS versi 26 dan eta square untuk menganalisis data berdasarkan analisis data rumus t-test. Nilai sig sebesar 0,017 dapat dinyatakan bahwa 0,01 < 0,05 yang berarti hipotesis nol (Ho) ditolak. Sedangkan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kemudian effect size sebesar 0,07 dikategorikan ke dalam tingkat sedang. Dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan Strategi PQ4R terhadap pemahaman membaca siswa pada teks deskriptif untuk kelas delapan di SMP Negeri 23 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. H. Kalayo Hasibuan, M.Ed.TESOL, -2028106501khalayohasibuan@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Mar 2024 05:22
Last Modified: 14 Mar 2024 05:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78079

Actions (login required)

View Item View Item