Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA 5-6TAHUN DI TK BINTANG MULIA KAMPAR

MELINIA FITRI INDARSWARI, - (2024) PENGARUH PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA 5-6TAHUN DI TK BINTANG MULIA KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)

Abstract

MELINIA FITRI INDARSWARI (2023) : PENGARUH PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA 5-6TAHUN DI TK BINTANG MULIA KAMPAR Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Bintang Mulia Kampar maka dengan penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan perkembangan sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Bintang Mulia Kampar. Subjek dalam penelitian ini anak usia 5-6 tahun kelas Umar di TK Bintang Mulia Kampar, objek penelitian adalah pengaruh metode bermain peran terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Bintang Mulia Kampar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 48 anak usia 5-6 tahun. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 anak. Penelitian ini dikatagorikan penelitian kuantitatif dengan jenis ekprimen desain one group pretest posttest dengan t-test dengan rumus ttabel > thitung. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode bermain peran terhadap perkembangan sosial anak digunakan rumus gain ternormalisasi dan didapat dari hasil rumus tersebut sebesar 35,96% dikatagori tinggi. Dimana penjelasan katagorinya G < 30% (Rendah), 30% < G < 70% (Sedang), G < 70% (Tinggi). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan data pretest rata-ratanya 17,7% bearada dikatagori BB (Belum Berkembang) dan data posttest rata-ratanya berada dikatagori 47,3% dikatagori MB (Masih Berkembang). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode bermain peran berpengaruh terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Bintang Mulia Kampar. Berdasarkan hasil analisis pada kelas eksprimen diperoleh thitung = -18.581 dan ttabel = 1,83311, maka ttabel > thitung (1.83311 > - 18.581). Dari data tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, jadi dapat disimpulkan hasil penelitian terdapat pengaruh metode bermain peran terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Bintang Mulia Kampar. Kata Kunci : Metode, Bermain Peran, Perkembangan Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:18
Last Modified: 29 Jan 2024 02:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77806

Actions (login required)

View Item View Item