Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN KARAKTERISTIK PROFESIONAL GURU DENGAN KEMAMPUAN BELAJARANANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL DEWI ANGGREK PEKANBARU

NUR SAMSIH, - (2024) HUBUNGAN KARAKTERISTIK PROFESIONAL GURU DENGAN KEMAMPUAN BELAJARANANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL DEWI ANGGREK PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENNETIAN (BAB IV).pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)

Abstract

NUR SAMSIH (2023) :HUBUNGAN KARAKTERISTIK PROFESIONAL GURU DENGAN KEMAMPUAN BELAJARANANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL DEWI ANGGREK PEKANBARU Kompetensi menunjukkan kepada kecakapan atau kemampuan untuk mengerjakan sesuatu pekerjaan dan merupakan suatu sipat orang-orang yang memiliki kecakapan, daya, otoritas, kemahiran untuk mengerjakan apa yang diperlukan serta menunjukkan pada tindakan rasional yang dapat mencapai tujuan berdasarkan kondisi yang diharapkan, sedangkan profesional merupakan suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian oleh karena itu guru harus memiliki tugas maupun fungsi yang kompleks sehingga memerlukan kompetensi yang standar serta kompleks dan menjadi suatu kesatuan lengkap yang memberi gambaran potensi meliputi pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai yang ada sesuai profesinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya kompetensi profesional guru PAUD dengan kemampuan mengembangkan program pembelajaran pada anak usia 5-6 tahun di RA Dewi Anggrek Pekanbaru. Penelitian ini termasuk penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini guru dan anak RA Dewi Anggrek Pekanbaru, sedangkan objek dari penelitian ini kompetensi profesional guru dengan keterampilan mengembangkan program pembelajaran pada anak usia 5-6 tahun di RA Dewi Anggrek Pekanbaru. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 10 anak di kelas B RA Dewi Anggrek. Adapun teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampel sengaja atau dengan pertimbangan tertentu sebanyak 10 anak di RA Dewi Anggrek Pekanbaru. Teknik analisis data dengan korelasi product moment menggunakan SPSS.23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan kompetensi profesional guru dengan keterampilan mengembangkan program pembelajaran pada anak usia 5-6 tahun di RA Dewi Anggrek Pekanbaru dengan nilai signifikansi 0,046 < 0,5 dan nilai koefisiensi korelasi sebesar 0,641 dikatagori kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:37
Last Modified: 29 Jan 2024 02:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77760

Actions (login required)

View Item View Item