Dewi Rindiyani Putri, Dewi (2024) MANAJEMEN STRATEGI KOMUNIKASI UNTUK MEMPROMOSIKAN WISATA AIR TERJUN BATU TILAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (772kB) |
Abstract
Penilitian ini membahas aktivitas komunikasi pemasaran dibidang pariwisata yang mengangkat unsur-unsur lingkungan ssebagai daya tariknya. Konsep back to nature memiliki potensi yang sangat besar untuk manarik wisatawan lokal maupun luar daerah dan juga untuk meningkatkan pendapatan daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami penggunaan media digital dalam komunikasi pemasaran pada akun @airterjunbatutilam serta implikasinya. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran membahas tentenag akun wisata @airterjunbatutilam yang menarik dan mampu meningkatkan pengetahuan serta ketertarikan orang untuk datang. Melalui medai digital diunggah sebagai informasi untuk memasarkan wisata Air Terjun Batu Tilam yang layak dikunjungi. Penggunaan platform digital yaitu instagram untuk memasarkannya dinilai efektif karena mampu menyebarkan konten yang cukup memberikan gambaran tentang wisata Air Terjun Batu Tilam dan memiliki kemasan konten yang menarik dari beragam format baik teks, foto maupun video. Semakin banyak orang yang berkunjung baik lokal maupun luar daerah, dan berkembangnya bentuk-bentuk wisata yang ditawarkan merupakan salah satu bukti efektifitas komunikasi pemasaran yang diperoleh. Keberhasilan komunikasi pemasaran yang dilakukan tidak saja memberi banyak peluang bagi pengembangan wisata Air Terjun Batu Tilam dan masyarakat sekitarnya akan tetapi juga menghadirkan tantangan terkait keberadaan dan dampaknya kepada masyarakat maupun keberlangsungannya. Terdapat tantangan terkait dengan kebersihan dan keberlanjutan lingkungan, keterbatasan guide untuk memandu wisatawan, serta kesadaran masyarakat menghindari konflik terkait dengan isu ekonomi dan perbedaan pandangan dalam memahami keberadaan wisata Air Terjun Batu Tilam serta implikasinya pada masyarakat dan lingkungannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media digital, komunikasi pemasaran pariwisata |
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 05:54 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 05:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77758 |
Actions (login required)
View Item |