Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH STEREOTIP GENDER TERHADAP MINAT MENJADI GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KALANGAN SISWA SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT ATAS KELAS XII KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR

0PUTRI HARIANTI (2024) PENGARUH STEREOTIP GENDER TERHADAP MINAT MENJADI GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KALANGAN SISWA SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT ATAS KELAS XII KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLTIAN (BAB IV).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)

Abstract

PUTRI HARIANTI (2023) : PENGARUH STEREOTIP GENDER TERHADAP MINAT MENJADI GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KALANGAN SISWA SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT ATAS KELAS XII KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR Penelitian ini dilatar belakangi oleh Fenomena minimnya laki-laki yang bekerja sebagai guru PAUD. Masyarakat beranggapan perempuan lebih cocok untuk mengajar di profesi guru PAUD dan Laki-laki kurang pantas. Tujuan penelitian adalah untuk menguji pengaruh sterotip gender terhadap minat menjadi guru PAUD dan faktor-faktor mempengaruhi stereotip gender terhadap minat menjadi guru PAUD di kalangan siswa SLTA Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis regresi. Sampel dalam penelitian ini adalah Siswa kelas XII SLTA Kecamatan Koto Kampar Hulu yang berjumlah 214 responden. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan regresi linier sederhana. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 2,481 > ttabel 1,971, dan pada taraf signifikansi 5%, nilai signifikasi dari tabel Coefficients diperoleh nilai Sig sebesar 0,014 < 0,05. Maka Ha diterima dan H0 ditolak artinya terdapat pengaruh signifikan stereotip gender terhadap minat menjadi guru pendidikan anak usia dini. Sehinggah dapat disimpulkan bahwa stereotip gender mempengaruhi minat seseorang dalam memilih profesi guru PAUD Di Kalangan Siswa SLTA Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Faktor-faktor yang mempengaruhi Sterotip gender terhadap minat menjadi guru PAUD di kalangan Siswa SLTA kelas XII di Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten kampar yaitu: 1). Budaya, 2). Arahan dan Dukungan Orang Tua, 3) Kesejahteraan Guru PAUD rendah. Kata Kunci : Sterotip Gender, Minat Profesi Guru PAUD

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jan 2024 05:56
Last Modified: 25 Jan 2024 05:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77656

Actions (login required)

View Item View Item