Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA DI SMP NEGERI 3 PEKANBARU

RIZKI CAHAYA JAMAL, - (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA DI SMP NEGERI 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUAL BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Rizki Cahaya Jamal (2023) : Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstormin terhadap Keaktifan Belajar IPS Siswa di SMP Negeri 3 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Brainstorming terhadap keaktifan belajar IPS siswa di SMP Negeri 3 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keaktifan belajar IPS karena siswa kurang terlibat dalam pemecahan masalah dan kurang berani dalam mengemukakan pendapat serta guru kurang bervariasi dalam menggunakan metode pembelajaran dan cenderung menyampaikan materi IPS hanya dengan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Pekanbaru yang berjumlah 199 orang. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 80 orang, yaitu siswa kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII-1 sebagai kelas kontrol dengan penarikan sampel menggunakan teknik porposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data untuk menguji hipotesis di lakukan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa metode pembelajaran Brainstorming berpengaruh terhadap keaktifan belajar IPS siswa, hal ini dilandasi dengan nilai signifikansi sebesar 0,04 < 0,05 dan di ketahui nilai t Hitung 2,938 lebih besar dari nilai t Tabel yaitu 1,990 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Brainstorming, Keaktifan Belajar IPS Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jan 2024 04:51
Last Modified: 23 Jan 2024 04:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77496

Actions (login required)

View Item View Item