MUHAMAD IQBAL, - (2024) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM LITERASI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 14 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (712kB) |
||
|
Text
SKRIPSI MUHAMAD IQBAL.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Muhamad Iqbal, (2023): Manajemen Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Program Literasi di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kepala sekolah dalam melaksanakan program literasi di SMA N 14 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan tekenik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan utama yakni kepala sekolah informan pendukung yaitu kepala tim literasi sekolah, guru mata pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan manajemen kepala sekolah dalam melaksanakan program literasi di SMA N 14 Pekanbaru ini secara keseluruhan sudah sangat baik mulai dari (a) perencanaan yang dilakukan melakukan analisis kebutuhan bagi sekolah,Menentukan kebutuhan program bagi sekolah,Menentukan jenis kegiatan literasi, Membuat jadwal khusus literasi , Menyediakan fasilitas yang mendorong literasi. (b) pengorganisasiaan yang dilakukan sudah sesuai dengan membentuk tim literasi,Perekrutan anggota tim literasi, Pembagian tugas dalam struktur tim literasi. (c) pelaksanakan dalam pelaksanaan kegiatan literasi semua sudah sesuai perencanaan hanya saja ada beberapa penghambat dalam pelaksanaan ini seperti minat baca siswa yang rendah ,pengaruh gadget, ,kurangnya dukungan dari lingkungan (d) pengawasan yang dilakukan kepala sekolah melakukan evaluasi kinerja tim literasi sebulan sekali , melakukan pengawasan terhadap berjalannya program literasi. faktor pendukung dan penghambat dalam mencapai tujuan yang ditetapkan, faktor pendukung dalam implementasi program literasi ini yaitu prasarana yang sangat memadai, bahan bacaan yang tersedia,larangan membawa gadget disekolah, fasilitas yang mendukung dan SDM yang paham dengan tugasnya yang menjadi faktor penghambat dalam implementasi program literasi yaitu minat baca yang rendah,kurangnya waktu,kurangnya pengembangan kemampuan literasi pada siswa,penggunaan media sosial dan gadget. Kata Kunci: Manajemen, Literasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 08:58 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 08:58 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77077 |
Actions (login required)
View Item |