Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATANPEMBELAJARAN PARTISIPATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH UMMATAN WASATHAN PESANTREN TEKNOLOGI RIAU

BADIATULLUTFIYAH, - (2023) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATANPEMBELAJARAN PARTISIPATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH UMMATAN WASATHAN PESANTREN TEKNOLOGI RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Badiatullutfiyah, (2023): Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Partisipatif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Ummatan Wasathan Pesantren Teknologi Riau Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran partisipatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Ummatan Wasathan Pesantren Teknologi Riau. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental design dan desain penelitian yang digunakan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang mengikuti pelajaran Aqidah Akhlak di MA Ummatan Wasathan PTR yang berjumlah 45 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 45 terbagi dari dua kelas yaitu 25 siswa kelas XI MIA sebagai Eksperimen dan 20 siswa kelas XI IIS sebagai kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan pendekatan pembelajaran partisipatif dengan metode ceramah pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MA Ummatan Wasathan PTR. Dibuktikan dengan nilai thitung = 3,006 lebih besar dari ttabel = 2,017 pada taraf signifikansi 5% dan perhitungan nilai sig (2-tailed) < α (0,004 < 0.05). Hal ini berarti bahwa ada pengaruh signifikan penerapan pendekatan pembelajaran partisipatif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MA Ummatan Wasathan PTR. Hasil mean skor kelas eksperimen 86,24 lebih tinggi dari kelas kontrol 80,40. Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran Partisipatif, Hasil Belajar, Aqidah Akhlak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:45
Last Modified: 09 Jan 2024 07:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76514

Actions (login required)

View Item View Item