Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 003 TANJUNG KOTO KAMPAR HULU

NOSI SAPNITA ADRI, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 003 TANJUNG KOTO KAMPAR HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)

Abstract

ABSTRAK Nosi Sapnita Adri: Penerapan Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SDN 003 Tanjung Koto Kampar Hulu Tujuan penelitian ini adalah untuk mengtahui proses Penerapan Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA Siswa Kelas IV SDN 003 Tanjung Koto Kampar Hulu. Hal ini yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep siswa diantaranya siswa kurang mampu memberikan contoh yang berkaitan dengan materi yang dipelajari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini guru dan siswa sedangkan objeknya adalah model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi sedangkan analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian bahwa model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa hali ini dapat diketahui Sebelum Tindakan pemahaman Konsep Siswa Hanya mencapai 40% dengan Kategori ‘kurang baik’ setelah dilakukan tindakan pada siklus 2 meningkat menjadi 88% dengan kategori Sangat Baik, dan pada siklus 2 meningkat lagi mencapai 93% dengan demikian penelitian ini dikatakan sudah berhasil karena sudah mencapai indikator keberhasilan yang sudah diteteapkan yaitu sebesar 70%. Kata Kunci: Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science), Pemahaman Konsep IPA, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Dec 2023 06:04
Last Modified: 21 Dec 2023 06:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76164

Actions (login required)

View Item View Item