Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 14 PEKANBARU

AMI HANIFAH, - (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 14 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Ami Hanifah, (2023): Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 14 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan metode Mind Mapping dengan metode Ceramah di SMA Negeri 14 Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen Design dengan rancangan Non-equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 432 siswa muslim, sampel penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan (independent-samples t test). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara penerapan metode Mind Mapping dengan metode Ceramah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 14 Pekanbaru dengan hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel pada taraf signifikansi 5% (3,975 > 2,01) nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 75 lebih besar dari kelas kontrol sebesar 61,17. Kata Kunci : Metode Mind Mapping, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Nov 2023 23:41
Last Modified: 30 Nov 2023 23:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75894

Actions (login required)

View Item View Item