TRISNA LEVIA, - (2023) Pengaruh Penggunaan Metode Ekspositori Berbantuan Peta Tematik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Persebaran Budaya Indonesia di SMA Negeri 1 Sungai Mandau. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (635kB) |
||
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Trisna Levia (2023): Pengaruh Penggunaan Metode Ekspositori Berbantuan Peta Tematik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Persebaran Budaya Indonesia di SMA Negeri 1 Sungai Mandau Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode ekspositori berbantuan peta tematik terhadap hasil belajar siswa pada materi persebaran budaya Indonesia di SMA Negeri 1 Sungai Mandau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah quasi Eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 berjumlah 25 siswa untuk kelas kontrol dan kelas XI IPS 2 berjumlah 25 siswa untuk kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data menggunakan statistik parametrik, dengan uji T-Tes dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode ekspositori berbantuan peta tematik berpengaruh signitifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi materi persebaran budaya Indonesia. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari kelas kontrol nilai rata-rata pre test yaitu 74.4 menjadi 79.8 pada nilai post test dengan persentase kenaikan sebesar 5,4%. Sedangkan pada kelas eksperimen skor rata-rata pre-test sebesar 70.6 meningkat menjadi 82.8, dengan persentase kenaikan sebesar 12,2%. Kata Kunci : Metode Ekspositori Berbantuan Peta Tematik, Hasil Belajar, Persebaran Budaya Indonesia
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 900 Sejarah, Geografi dan Disiplin Ilmu yang Berkaitan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 06:06 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 06:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75866 |
Actions (login required)
View Item |