RIFA’I HAYKAL, - (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE DISKUSI BUZZ GROUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
Text (BAB IV)
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Rifa’i Haykal, (2023): Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Buzz Group terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak antara penerapan metode diskusi Buzz Group dengan metode ceramah di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment, dengan bentuk The Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 240 orang. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Sampel penelitian ini siswa kelas VIII L berjumlah 21 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa VIII J berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Independent Sample t-Test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, terdapat pengaruh hasil belajar siswa antara penerapan metode diskusi Buzz Group dengan metode ceramah di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru, Dibuktikan dengan nilai lebih besar dari pada taraf signifikan 5% (2,926 > 1,685) dan perhitungan nilai sig (2 tailed) < (0,006 < 0,05), dengan perbedaan nilai rata-rata (Mean Skor) kelas eksperimen bernilai 88,57, sedangkan kelas kontrol bernilai 76,75. Kata Kunci : Metode Diskuis Buzz Group, Hasil Belajar, Akidah Akhlak
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 06:10 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 06:10 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75809 |
Actions (login required)
View Item |