WIDYA SEKAR NINGRUM, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI CANVA DALAM MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMPN 14 DUMAI. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENNELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (783kB) |
Abstract
WIDYA SEKAR NINGRUM (2023) : PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI CANVA DALAM MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMPN 14 DUMAI Menulis merupakan kegiatan yang tidak dapat dihindari oleh siswa karena semua pelajaran tentunya menuntut siswa untuk dapat menulis dengan baik dan benar. Kehadiran media dalam proses pembelajaran memberikan kemudahan bagi guru untuk mencapai tujuan proses pembelajaran kepada para siswa. Media juga menjadi alat bantu untuk memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi canva dalam menulis teks deskripsi dan mengetahui faktor penghambat guru dan siswa dalam penggunaan aplikasi canva dalam menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMPN 14 Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 287 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling, dengan siswa kelas VII berjumlah 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan yang dilakukan pada sampel adalah tes menulis teks deskripsi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t). Berdasarkan hasil penelitian yang Pertama, hasil uji-t dengan bantuan aplikasi SPSS dengan asumsi apabila nilai signifikansi < 0,05 maka ada pengaruh atau hipotesis diterima. Hasil uji- t adalah 0,000 < 0,05 maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa “ Ada pengaruh yang signifikansi antara media aplikasi canva dalam menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 14 Dumai”. Yang Kedua, “faktor penghambat guru dan siswa dalam penggunaan aplikasi canva yaitu memerlukan jaringan yang memadai agar bisa membuka template dan fitur-fitur yang terdapat di dalam aplikasi canva, perlu waktu untuk mengedit media pembelajaran, butuh ruang penyimpanan smartphone yang banyak untuk menyimpan file materi pembelajaran, dan tidak semua siswa paham dalam menggunakan aplikasi canva”. Kata Kunci : Aplikasi Canva, Menulis Teks Deskripsi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 06:10 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 06:10 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75687 |
Actions (login required)
View Item |