AMELIA AHMAD, - (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE QUIZ TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMK NEGERI 4 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
Text (Gabungan)
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Amelia Ahmad (2023): Pengaruh Penerapan Metode Quiz Team terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 4 Pekanbaru Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dan guru masih menggunakan metode pembelajaran dengan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan metode Quiz Team terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 4 Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design, dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang mengikuti mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 4 Pekanbaru berjumlah 514 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas XI TB-1 dan XI AKL-3 yang berjumlah 50 orang, dengan rincian 25 orang kelas XI AKL-3 sebagai kelas eksperimen dan 25 orang kelas XI TB-1 sebagai kelas kontrol.. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample t-Test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan metode Quiz Team dengan metode ceramah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 4 Pekanbaru. Ini dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% (4,413 > 2,013) dan perhitungan nilai sig (2-tailed) < α (0,000 < 0,05). Hal ini berarti bahwa juga ada pengaruh signifikan penerapan metode Quiz Team pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negaeri 4 Pekanbaru. Hasil Mean Skor kelas eksperimen 87,32 lebih tinggi dari kelas kontrol 78,64. Kata Kunci : Metode Quiz Team, Hasil belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 05:58 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 05:58 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75567 |
Actions (login required)
View Item |