MUHAMMAD ZEKI MULYADI, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH DINIYAH PUTERI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Muhammad Zeki Mulyadi (2023) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fikih antara penerapan model pembelajaran process oriented guided inquiry learning (POGIL) dengan model discovery learning di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa. Sampel penelitian berjumlah 30 orang siswa, peneliti menggunakan 2 kelas, VII A sebagai kelas Eksperimen dan VII B sebagai kelas Kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman siswa antara penerapan model process oriented guided inquiry learning (POGIL) dengan model pembelajaran discovery learning di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru diketahui hasil tes t sebesar 2.770 > 1.701, dan nilai sig. (2-tailed) 0.01 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Perbedaan mean pada kelas eksperimen yaitu 83.33 dan mean pada kelas kontrol yaitu 76.66. Kata Kunci : Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), Pemahaman Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 05:27 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 05:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75501 |
Actions (login required)
View Item |