SERLY JUNI SAFIRA, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NON DIRECTIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Serly Juni Safira,(2023): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Non Directive terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kampar Timur Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dan guru masih menggunakan model pembelajaran dengan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran Non Directive terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kampar Timur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI yang mengikuti pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kampar Timur yang berjumlah 62 Siswa. Pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Sehingga sampel dalam penelitian ini ialah kelas XI IPA 1 dan XI 1PA 2 yang berjumlah 40 Siswa, dengan rincian 20 Siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 20 Siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas Kontrol. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample t-Test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Siswa antara penerapan model pembelajaran Non Directive dengan metode ceramah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kampar Timur. Dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari tTabel pada taraf signifikan 5% (3,090 > 2,068) dan perhitungan nilai sig (2 tailed) < (0,004 < 0,05),. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran Non Directive terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kampar Timur. Hasil Mean Skor kelas eksperimen 86.75 lebih tinggi dari kelas kontrol 80.00. Kata Kunci: Model Pembelajaran Non Directive, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 05:53 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 05:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75329 |
Actions (login required)
View Item |