Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK PGRI PEKANBARU

NUR „ALIYAH RAHMI, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK PGRI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nur‟ Aliyah Rahmi (2023) : Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kahoot terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK PGRI Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu atau quasi eksperimen dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Media pembelajaran Game Kahoot terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang mengikuti mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK PGRI Pekanbaru yang berjumlah 160 Siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sehingga sampel dalam penelitian ini ialah kelas X OTKP 1 dan X AKL yang berjumlah 42 Siswa, dengan rincian 21 Siswa kelas X OTKP 1 sebagai kelas eksperimen dan 21 Siswa kelas X AKL sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Independent Sample t-Test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Siswa antara penggunaan media pembelajaran Kahoot dengan media ppt pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK PGRI Pekanbaru. Dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% (3,108 > 1,683) dan perhitungan nilai sig (2-tailed) < α (0,003 < 0,05). Hal ini berarti bahwa juga ada pengaruh signifikan penggunaan media pembelajaran Kahoot pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK PGRI Pekanbaru. Hasil Mean Skor kelas eksperimen sebesar 85,48 sedangkan kelas kontrol sebesar 79,52. Kata Kunci : Media Pembelajaran Kahoot, Hasil belajar, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 01 Sep 2023 07:49
Last Modified: 01 Sep 2023 07:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75327

Actions (login required)

View Item View Item