Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA HANDAYANI PEKANBARU

DEWI KHOFIFAH, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA HANDAYANI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dewi Khofifah, (2023): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Handayani Pekanbaru Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan guru masih menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement division dengan metode ceramah di SMA Handayani Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Non-equivalent Control Grup Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS berjumlah 40 siswa dengan rincian 20 siswa XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tes ―t‖ (independent-sample t-test). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara penerapan model pembelajaran Student Team Achievement division dengan metode ceramah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Handayani Pekanbaru dengan thitung > ttabel (2,349 > 1,685) sementara itu nilai sig. 2-tailed (0,024 < 0,05) dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Aug 2023 01:24
Last Modified: 28 Aug 2023 01:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75316

Actions (login required)

View Item View Item