CHINTYA AISYIYAH, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TIPE AUTHENTIC INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL QUR’AN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Chintya Aisyiyah, (2023) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning tipe Authentic Instruction terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan proses pembelajaran yang dilakukan guru masih didominasi oleh metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching Learning tipe Authentic Instruction terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Darul Qur‟an. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen. Sampel penelitian ini berjumlah 50 siswa yang terdiri dari 25 siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan 25 siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test (Independent-Samples t-Test). Hasil belajar siswa dengan hasil perhitungan uji-t, nilai thitung > ttabel (6,564 > 2,069). Perhitungan nilai sig (2-tailed) (0,000 < 0,05), maka Ha diterima Ho ditolak. Kesimpulannya, terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa antara penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning tipe Authentic Instruction dengan metode ceramah pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Darul Qur‟an. Hasil Mean skor kelas eksperimen 79,64 lebih tinggi dari kelas kontrol 61,28. Kata Kunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning tipe Authentic Instruction, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 01:57 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 01:57 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75082 |
Actions (login required)
View Item |