Anisa Fadillah, - (2023) KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN DALAM MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMPN 1 TUALANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
file lengkap kecuali hasil penelitian (bab iv).pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
file hasil penenltiian (bab iv).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Anisa Fadillah (2023) : KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN DALAM MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMPN 1 TUALANG Penelitian ini membahas tentang kesalahan penggunaan ejaan pada penulisan huruf kapital, penggunaan tanda baca, penggunaan kata depan di- dan awalan di- pada karangan deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tualang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan ejaan penulisan huruf kapital, penggunaan tanda baca, penggunaan kata depan di- dan awalan di- pada karangan deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tualang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian akan dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 29 karangan deskripsi siswa yang dianalisis ditemukan kesalahan sebagai berikut. Pertama, kesalahan penulisan huruf kapital terdapat 74 kesalahan. Kedua, kesalahan penggunaan tanda baca koma sebanyak 45 kesalahan. Ketiga, kesalahan penggunaan kata depan di- dan awalan di- sebanyak 72 kesalahan. Kata Kunci : Kesalahan Ejaan, Penulisan Huruf Kapital, Tanda Baca, Kata Depan di- dan Awalan di-, Deskripsi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 05:05 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 05:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74885 |
Actions (login required)
View Item |