ZAHWA RISKINA, - (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI SAINS BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI IPA UNTUK KELAS VIII SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV FIX.pdf Download (9MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Literasi sains siswa di Indonesia masih dikategorikan rendah berdasarkan hasil PISA yang di kelola oleh pihak Organization For Economic Cooperation and Development (OECD). Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan literasi sains siswa adalah dengan melibatkan kearifan lokal pada assessmen pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas instrumen literasi sains berbasis etnosains melayu Riau untuk siswa SMP/MTS kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Rnd yang dirancang menggunakan model Plomp. Penerapan model Plomp menggunakan tiga tahap yaitu tahap pendahuluan (preliminary research), tahap pengembangan (prototyping phase), dan tahap penilaian (assessment phase). Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar angket, dan instrumen soal litersi sains berbasis etnosains melayu Riau. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan uji coba instrumen soal. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa tingkat validitas soal adalah sebesar 87,1% berada pada kategori sangat valid. Tingkat praktikalitas yaitu sebesar 84% berada pada kategori praktis. Kesimpulan dari penelitian ini didapatkan bahwa instrument literasi sains berbasis etnosains melayu Riau tergolong valid, praktis, dan layak digunakan dalam pembelajaran IPA. Kata Kunci : Literasi Sains, Etnosains Melayu Riau, Siswa SMP/MTS
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 04:26 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 04:26 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74299 |
Actions (login required)
View Item |