IDA FITRIYANI, - (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs SWASTA SULTAN SYARIF KASIM KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV IDA FITRIYANI.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV IDA FITRIYANI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (821kB) |
Abstract
ABSTRAK Ida Fitriyani (2023) : Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di MTs Swasta Sultan Syarif Kasim Kabupaten Siak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan dalam kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang menggunakan metode pembelajaran mind mapping dengan yang menggunakan metode pembelajaran lain di MTs Swasta Sultan Syarif Kasim Kabupaten Siak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS karena guru kurang bervariasi dalam menggunakan metode pembelajaran dan cenderung menyampaikan materi IPS hanya dengan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Swasta Sultan Syarif Kasim Kabupaten Siak yang berjumlah 69 orang. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 37 orang, yaitu siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan penarikan sampel menggunakan teknik porposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS antara yang menggunakan metode pembelajaran mind mapping dengan yang menggunakan metode pembelajaran lain di MTs Swasta Sultan Syarif Kasim Kabupaten Siak, hal ini dengan dilandasi t_hitung lebih besar dari t_tabel (2,108>1,689) dan nilai signifikasi sebesar 0.235 sehingga kreteria nilai tergolong rendah. Kata Kunci : Mind Mapping, Kreativitas Belajar Siswa, Pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 04:09 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 04:09 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73791 |
Actions (login required)
View Item |