SITI NURFALAH QOMARIAH IDRIS, - (2023) PENGARUH KREATIVITAS GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTsN 3 KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (663kB) |
||
|
Text
SKRIPSI SITI NURFALAH QOMARIAH IDRIS.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Siti Nurfalah Qomariah Idris (2023) : Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di MTsN 3 Kota Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTsN 3 Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS diantaranya gairah dan semangat belajar siswa yang masih rendah dan daya kosentrasi belajar siswa belum maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTsN 3 Kota Pekanbaru yang berjumlah 306 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 173 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan bantuan SPSS versi 23. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh r hitung > r tabel sedangkan taraf siginifikan 5% maupun 1 % (0,1493<0,414>0,1255) yang berarti Hо ditolak Hа diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTsN 3 Kota Pekanbaru. Besar kontribusi sebesar 17,2% sisanya sebesar 82,8% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain. Kata kunci : Kreativitas Guru, Motivasi Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 02:18 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 02:18 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73684 |
Actions (login required)
View Item |