ISRA MAHENDRA, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO MURATTAL TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Univesitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Isra Mahendra (2023): Pengaruh Penggunaan Media Video Murattal terhadap Motivasi Menghafal Al-Qur’an Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Pekanbaru Penelitian ini dilatar belakangi oleh motivasi menghafal Al-Qur’an siswa yang masih kurang dan kreativitas guru dalam memilih media pembelajaran yang tepat pada pelajaran Al-Qur’an Hadis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Penggunaan Media Video Murattal Terhadap Motivasi Menghafal Al-Qur’an Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimental dan desain penelitian yang digunakan non-equivalent control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang mengikuti pelajaran Al-Qur’an Hadis yang berjumlah 331 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 dan XI MIPA 9 yang berjumlah 60 siswa dengan rincian 30 siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas XI MIPA 9 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan Independent sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data di peroleh bahwa terdapat perbedaan motivasi menghafal Al-Qur’an siswa antara menggunakan media video murattal dan media power Point Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Pekanbaru. Dibuktikan dengan thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% (10,668 > 1,671) dan perhitungan nilai sig (2-tailed) < α (0,000 < 0,05). Hal ini berarti ada pengaruh penggunaan media video murattal terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Pekanbaru. Hasil persentase angket motivasi menghafal Al-Qur’an kelas eksperimen sebesar 85,56% lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 74,4%. Kata Kunci: Pengaruh, Media Video Murattal, Motivasi Menghafal Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 19 Jul 2023 13:51 |
Last Modified: | 19 Jul 2023 13:51 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73660 |
Actions (login required)
View Item |