SEPTONO, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA SISWA IPS SMAN 2 SIAK HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
SEPTONO (2023) ; PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA SISWA IPS SMAN 2 SIAK HULU Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Persebaran Flora dan Fauna Siswa IPS SMAN 2 Siak Hulu. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPS yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS 4 untuk kelas eksperimen dengan perlakuan Model Pembelajaran Make A Match dan dan siswa kelas XI IPS 3 untuk kelas kontrol dengan perlakuan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan menganalisis descriptive kuantitatif statistic parametrik dengan perangkat uji t-test, uji nilai efektifitas dan perbedaan dengan N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Make A Match ada pengaruh yang sangat baik terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 66,21 menjadi 84,39, dengan persentase kenaikan 83,7%. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 71,97 menjadi 79,70 dengan persentase kenaikan 78,9% Dan hasil N-Gain sebesar 53,8%. . Kata Kunci: Model Pembelajaran Make A Match, Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 04:23 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 04:23 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73606 |
Actions (login required)
View Item |