Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Implementasi Metode Learning Vector Quantization (LVQ) Untuk Klasifikasi Keluarga Beresiko Stunting

ABDUL AZIZ, - (2023) Implementasi Metode Learning Vector Quantization (LVQ) Untuk Klasifikasi Keluarga Beresiko Stunting. BUILDING OF INFORMATICS, TECHNOLOGY AND SCIENCE (BITS), 5 (1). pp. 12-20. ISSN e-ISSN 2685-3310, p-ISSN 2684-8910

[img]
Preview
Text
ABDUL AZIZ REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bits/article/view/3478 - Published Version

Download (48kB)

Abstract

Stunting adalah kondisi tinggi postur tubuh anak terlalu pendek dari rata-rata kelompok anak seusianya. Kondisi ini mempengaruhi kesehatan balita pada jangka pendek dan panjang, yaitu postur tubuh tidak optimal ketika dewasa, berkurangnya kesehatan reproduksi, serta gangguan fungsi kognitif yang mengarah pada kinerja akademik yang buruk . Salah satu faktor penyebab stunting adalah kurangnya pemenuhan gizi, fasilitas kesehatan dasar, serta pola pengasuhan yang buruk dari orang tua. Namun, pendataan dan klasifikasi keluarga beresiko stunting saat ini masih dengan menggunakan microsoft excel, yang tidak efektif dalam mengolah data besar. Oleh sebab itu, model LVQ digunakan untuk mengklasifikasikan data dengan cepat. Berdasarkan pengujian, hasil optimal dicapai dengan menggunakan jumlah neuron input sebanyak 7, jenis jarak menggunakan chebychev distance, learning rate sebesar 0.1, jumlah epoch sebanyak 7, dan 30% data latih. Akurasi sebesar 99.83% dicapai dengan menggunakan pengujian tersebut. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode LVQ dapat digunakan untuk mengidentifikasi keluarga yang beresiko mengalami stunting.

Item Type: Article
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 17 Jul 2023 14:38
Last Modified: 17 Jul 2023 14:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73583

Actions (login required)

View Item View Item