Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MI AL-IKHWAN PEKANBARU

ATHIFAH RUHIL MUJAHIDAH, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MI AL-IKHWAN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ATHIFAH RUHIL MUJAHIDAH.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Athifah Ruhil M, (2023) : Penerapan Model Pembelajaran SAVI Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di SD MI Al-Ikhwan Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneskripsikan peningkatan keterampilan membaca puisi siswa melalui model pembelajaran SAVI Somatic, Auditory,Visualization, Intellectual pada Muatan pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD MI Al-Ikhwan Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca puisi siswa diantaranya kurang mampu melafalkan kejelasan dan ketepatan dalam mengucapkan bunyi bahasa seperti huruf, suku kata dan kata, kurang mampu mempraktekkan intonasi/lagu suara dalam membaca puisi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah model pembelajaran Somatic, Auditory,Visualization, Intellectual dan keterampilan membaca puisi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data bahwa pada sebelum tindakan hanya mencapai 43,60% dengan kategori kurang terampil. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I keterampilan membaca puisi siswa meningkat dengan rata-rata 47,40% dengan kategori kurang terampil. Setelah dilakukan tindakan perbaikan siklus II keterampilan membaca puisi siswa meningkat dengan rata-rata 79,80% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IVC SD MI Al-Ikhwan Pekanbaru. Kata kunci: Model Pembelajaran Somatic, Auditory,Visualization, Intellectual, Keterampilan Membaca Puisi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:18
Last Modified: 17 Jul 2023 04:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73443

Actions (login required)

View Item View Item