Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN PKn KELAS V MI AL-IKHWAN PEKANBARU

WELPIANA PUTRI, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN PKn KELAS V MI AL-IKHWAN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI WELPIANA PUTRI.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Welpiana Putri, (2023): Penerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa pada Muatan Pembelajaran PKn Kelas V MI Al– Ikhwan Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kepercayaan diri siswa melalui penerapan model pembelajaran time token pada muatan pembelajaran PKn di kelas V MI Al-Ikhwan Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kepercayaan diri dalam mengemukakan pendapat, bertanya, menjawab pertanyaan dan juga presentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan 30 orang siswa kelas V MI Al-Ikhwan Pekanbaru. Sedangkan objeknya adalah penerapan model pembelajaran time token dan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi dan teknik analisis datanya adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran time token dapat menigkatkan kepercayaan diri siswa pada muatan pembelajaran PKn kelas V MI Al-Ikhwan Pekanbaru. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan perbaikan, kepercayaan diri siswa hanya mecapai 58,80% dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 67,20% dengan kategori baik dan pada siklus II menigkat kembali menjadi 82,00% dengan kategori baik sekali. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran time token dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa pada muatan pembelajaran PKn di kelas V MI Al-Ikhwan Pekanbaru. Kata Kunci : Model Pembelajaran Time Token, Kepercayaan Diri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:40
Last Modified: 17 Jul 2023 02:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73425

Actions (login required)

View Item View Item