Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 TUALANG

NOVI RAHMAYANTI SIREGAR, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 TUALANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV NOVI RAHMAYANTI SIREGAR.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV NOVI RAHMAYANTI SIREGAR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)

Abstract

ABSTRACT Novi Rahmayanti Siregar (2023) : Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tualang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman siswa yang menggunakan model pembelajaran cooperative script dengan model pembelajaran konvensional di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tualang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan design nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS yang berjumlah 52 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 52 orang yang terbagi atas dua kelas yaitu 28 orang pada kelas eksperimen dan 24 orang pada kelas kontrol. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh karena jumlah populasi kecil. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa di kelas XI, sedangkan objeknya adalah pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi. Pengambilan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan t-test ( Independent Sample Test). Berdasarkan analisis data penelitian ini diperoleh hasil analisis uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel dengan taraf signifikan 5% (1,675) atau 4,588 > 1,675, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan pemahaman siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tualang. Kata Kunci : Model Pembelajaran Cooperative Script, Pemahaman Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:09
Last Modified: 17 Jul 2023 08:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73402

Actions (login required)

View Item View Item