SUCI LESTARI, - (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI BENTUK ALJABAR UNTUK SISWA SMP KELAS VII. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (912kB) |
||
|
Text
SKRIPSI SUCI LESTARI.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Suci Lestari (2023) : Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Bentuk Aljabar Untuk Siswa SMP Kelas VII Penelitian ini merupakan penelitian penegmbangan yang bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Pendekatan Kontekstual pada materi Bentuk Aljabar yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII, para ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran berasal dari dosen dan guru mata pelajaran matematika dengan jenjang pendidikan minimal S1. Objek pada penelitian ini adalah LKS dengan materi Bentuk Aljabar. Sampel pada penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kampar. Teknik pengumpulan data berupa angket dan soal posttest. Penelitian ini menggunakan instrumen validitas yang terdiri dari lembar validasi instrumen penelitian, lembar validasi LKS oleh ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran. Instrumen kepraktisan berupa angket respon guru dan siswa serta instrumen keefektifan berupa soal posttest. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa uji validitas oleh ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran LKS berbasis Pendekatan Kontekstual pada materi Bentuk Aljabar yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid dengan persentase 86,33%. Hasil uji kepraktisan kelompok kecil dengan jumlah responde 8 orang siswa diperoleh bahwa LKS yang dikembang sangat praktis dengan persentase 92,89%. Hal ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan sudah valid dan praktis. Pengembangan LKS berbasis Pendekatan Kontekstual sudah memenuhi kriteria efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa, dimana
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 07:42 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 07:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73334 |
Actions (login required)
View Item |