ZULFAHMI AMRIANSYAH, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP MOTIVAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA BABUSSALAM PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI ZULFAHMI AMRIANSYAH.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Zulfahmi Amriansyah, (2023) : “Pengaruh Model Pembeajaran Kooperatif tipe think-pair-share (TPS) terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Geografi Kelas X SMA Babussalam Pekanbaru.” Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas X SMA Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Babussalam Pekanbaru yang berjumlah 40 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik, dengan Uji T diperoleh bahwa nilai signifikan (2-Tailed) sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari nilai alpha yaitu 0,05 (0,000<0,05) yang berarti Ha diterima Ho ditolak.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan metode pembelajaran think-pair-share terhadap motivasi belajar siswa di SMA Babussalam Pekanbaru memiliki nilai 1,21 > 1,00 maka dikategorikan efek tinggi (Strong Effect). Jika dihitung persentasi yang diperoleh, dapat dilihat besar kenaikan dengan menggunakan rumus = selisih angka/nilai sebelumnya x 100% sehingga diperoleh besar kenaikan 8,77%. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Think-Pair-Share, Motivasi Belajar, Pelajaran Geografi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 07:26 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 07:26 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73118 |
Actions (login required)
View Item |