Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP MOTIVAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA BABUSSALAM PEKANBARU

ZULFAHMI AMRIANSYAH, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP MOTIVAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA BABUSSALAM PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ZULFAHMI AMRIANSYAH.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Zulfahmi Amriansyah, (2023) : “Pengaruh Model Pembeajaran Kooperatif tipe think-pair-share (TPS) terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Geografi Kelas X SMA Babussalam Pekanbaru.” Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas X SMA Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Babussalam Pekanbaru yang berjumlah 40 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik, dengan Uji T diperoleh bahwa nilai signifikan (2-Tailed) sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari nilai alpha yaitu 0,05 (0,000<0,05) yang berarti Ha diterima Ho ditolak.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan metode pembelajaran think-pair-share terhadap motivasi belajar siswa di SMA Babussalam Pekanbaru memiliki nilai 1,21 > 1,00 maka dikategorikan efek tinggi (Strong Effect). Jika dihitung persentasi yang diperoleh, dapat dilihat besar kenaikan dengan menggunakan rumus = selisih angka/nilai sebelumnya x 100% sehingga diperoleh besar kenaikan 8,77%. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Think-Pair-Share, Motivasi Belajar, Pelajaran Geografi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:26
Last Modified: 14 Jul 2023 07:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73118

Actions (login required)

View Item View Item