Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMAN 3 MANDAU KABUPATEN BENGKALIS

KHAIRUN NISA, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMAN 3 MANDAU KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
file hasil penenltiian (bab iv).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)
[img]
Preview
Text
file lengkap kecuali hasil penenltiian (bab iv).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

KHAIRUN NISA (2023) : PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMAN 3 MANDAU KABUPATEN BENGKALIS Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis para peserta didik di SMA Negeri 3 Mandau Kabupaten Bengkalis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasy-eksperimen non equivalent dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Teknis analisis yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 34 orang dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum memulai pelajaran, peserta didik kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata test sebesar 45,88 dan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata test sebesar 38,38 , setelah diberi perlakuan model pembelajaran discovery learning di kelas eksperimen dan diberi test kembali terjadi peningkatan nilai rata-rata test sebesar 80,15. Sedangkan di kelas kontrol yang menggunakan model konvensional juga memiliki peningkatan nilai test sebesar 60,74. Kesimpulannya adalah model pembelajaran discovery learning merupakan model yang berpengaruh dan tepat untuk digunakan dalam materi tertentu serta pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis para peserta didik. Kata kunci: Berpikir Kritis;Discovery Learning;Ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jul 2023 04:37
Last Modified: 14 Jul 2023 04:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73099

Actions (login required)

View Item View Item