WENNY SYAFITRI, - (2023) HUBUNGAN DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN RESILIENSI AKADEMIK PADA MAHASISWA BARU ANGKATAN 2022 UIN SUSKA RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
Text
KECUALI BAB 4.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Berbagai tuntutan yang dialami mahasiswa baru dapat menyebabkan munculnya permasalahan dalam bidang akademiknya. Permasalahan tersebut harus segera ditangani dengan baik agar mahasiswa baru dapat bertahan dan tetap menjalankan perkuliahannya hingga selesai. Ketahanan akademik ini disebut dengan istilah resiliensi akademik. Untuk tetap bertahan dalam kesulitan akdemik yang dijalani para mahasiswa baru, mereka sangat membutuhkan dukungan dari orang tuanya baik dukungan verbal maupun dukungan nonverbal. Orang tua yang memberikan dukungan kepada seorang anak akan membuat anak mampu untuk bertahan dan bangkit kembali ketika mengalami suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan orang tua dengan resiliensi akademik pada mahasiswa baru angkatan 2022 UIN Suska Riau. Subjek dalam penelitian berjumlah 238 mahasiswa baru yang dipilih dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Alat ukur yang digunakan ialah skala resiliensi akademik dan skala dukungan orang tua yang dimodifikasi. Koefisien reliabilitas skala dukungan orang tua sebesar 0,949 dan koefisien skala resiliensi akademik sebesar 0,894. Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,621 dengan signifikansi 0,000. Dengan demikian, hipotesis diterima. Artinya, semakin tinggi dukungan orang tua maka semakin tinggi pula resiliensi akademik, begitu pun sebaliknya semakin rendah dukungan orang tua maka semakin rendah pula resiliensi akademik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | fpsi - |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 01:59 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 01:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72972 |
Actions (login required)
View Item |