FARIDATUN HASANAH, - (2023) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI SOSIAL TERHADAP PERILAKU CYBERBULLYING PADA MAHASISWA PENGGUNA MEDIA SOSIAL. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (9MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI SOSIAL TERHADAP PERILAKU CYBERBULLYING PADA MAHASISWA PENGGUNA MEDIA SOSIAL Oleh: Faridatun Hasanah Email: hasanahfaridatun56@gmail.com Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ABSTRAK Media sosial memberikan manfaat yang banyak, hanya saja tidak semua pengguna yang bisa memanfaatkannya dengan baik. Sebagian pengguna misalnya menggunakan media sosial untuk melakukan penindasan terhadap orang lain dengan mengirimkan informasi yang berisi ancaman yang mengarah ke perilaku cyberbullying. Kompetensi sosial dapat membantu mahasiswa dalam menghambat terjadinya perilaku cyberbullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kompetensi sosial terhadap perilaku cyberbullying pada mahasiswa pengguna media sosial. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan kuota sampel. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 344 mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala kompetensi sosial yang disusun berdasarkan aspek-aspek Gresham dan Elliott dan skala perilaku cyberbullying berdasarkan bentuk-bentuk perilaku cyberbullying dari Willard, (2007). Data dianalisis menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai korelasi sebesar -0,378 (p<0.01). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kompetensi sosial dengan perilaku cyberbullying. Artinya semakin tinggi variabel kompetensi sosial mahasiswa maka semakin rendah pula perilaku cyberbullying pada mahasiswa pengguna media sosial. Namun sebaliknya, jika perilaku cyberbullying pada mahasiswa pengguna media sosial tinggi maka akan berbanding terbalik dengan kompetensi sosial mahasiswa yang menjadi rendah. Hubungan kompetensi sosial ditunjukkan dengan nilai R square sebesar 0,160 yang menjelaskan pengaruh hubungan kompetensi sosial terhadap perilaku cyberbullying sebesar 16%. Sumbangan efektif terbesar terhadap variabel perilaku cyberbullying ialah aspek kooperatif dengan persentase sebesar 7,9%. Kata kunci: Kompetensi Sosial; Perilaku Cyberbullying; Media Sosial; Mahasiswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | fpsi - |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 06:54 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 06:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72858 |
Actions (login required)
View Item |